Senin, 03 Januari 2011

SKL BAHASA INDONESIA UJIAN NASIONAL 2011


1. BAHASA INDONESIA SMP/MTs

NO
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Membaca
Membaca dan memahami berbagai ragam wacana tulis (artikel, berita, opini/tajuk, tabel, bagan, grafik, peta, denah), berbagai karya sastra berbentuk puisi, cerpen, novel, dan drama.
a.  Menentukan kalimat utama.
b.  Menentukan kritik terhadap isi bacaan.
c.  Menentukan persamaan isi berita.
Menentukan perbedaan penyajian berita.
d.  Menentukan kalimat fakta dalam paragraf.
Menentukan dua kalimat pendapat pada paragraf .
Menentukan simpulan isi paragraf.
e.  Menentukan gagasan utama tajuk.
Menentukan kalimat fakta dalam tajuk.
Menentukan keberpihakan penulis tajuk.
f.   Menentukan pernyataan yang sesuai dengan isi bagan.
Menentukan simpulan isi grafik/tabel/bagan/denah/peta.
Menentukan pertanyaan yang jawabannya terdapat dalam tabel.
Menentukan perjalanan yang paling efektif berdasarkan peta/denah.
g.  Menentukan tema puisi.
Menentukan suasana yang tergambar pada puisi.
Menentukan citraan dalam puisi.
Menentukan misi/tujuan puisi.
h.  Menentukan bukti perwatakan tokoh dalam penggalan cerpen.
Menentukan bukti latar (waktu, tempat, suasana) dalam penggalan cerpen.
Menentukan sudut pandang pengarang dalam penggalan cerpen.
i.   Menentukan perbedaan tema atau sudut pandang dalam penggalan novel.
j.   Menentukan latar (waktu, tempat) dalam kutipan drama.
Menentukan amanat dalam kutipan drama.
2.
Menulis
Menulis karangan nonsastra dengan menggunakan kosakata yang bervariasi dan efektif dalam bentuk buku harian, surat resmi, surat pribadi, pesan singkat, laporan, petunjuk, rangkuman, slogan dan poster, iklan baris, teks pidato, karya ilmiah, dan menyunting serta menulis karya sastra puisi dan drama.
a.  Menentukan kalimat dalam buku harian sesuai dengan ilustrasi.
b.  Melengkapi pesan.
Menentukan isi pesan singkat sesuai dengan ilustrasi.
c.  Menyusun deretan kalimat menjadi paragraf yang padu.
d.  Melengkapi bagian surat pribadi yang rumpang.
e.  Melengkapi bagian surat resmi yang rumpang.
Memperbaiki bagian surat resmi yang tidak tepat.
f.   Menentukan rangkuman bacaan.
g.  Menentukan slogan yang sesuai dengan ilustrasi.
h.  Melengkapi kalimat rumpang dalam petunjuk melakukan sesuatu.
Menyusun deretan kalimat petunjuk melakukan sesuatu yang disusun secara acak.
i.   Menentukan bagian-bagian dalam teks pidato.
Melengkapi teks pidato yang rumpang.
j.   Menentukan rumusan masalah karya ilmiah berdasarkan tema.
Menentukan latar belakang suatu karya ilmiah berdasarkan identifikasi masalah.
Menentukan penulisan daftar pustaka.
k.  Memperbaiki kalimat tidak efektif dalam paragraf.
Memperbaiki pilihan kata yang salah dalam paragraf.
Memperbaiki penulisan huruf.
l.   Melengkapi pantun yang rumpang.
m.Melengkapi puisi dengan larik bermajas.
Menentukan puisi yang sesuai dengan ilustrasi.
n.  Melengkapi kutipan dialog drama yang rumpang.

2.     BAHASA INDONESIA SMK

NO.
STANDAR  KOMPETENSI LULUSAN
INDIKATOR
1.
Memahami isi berbagai bentuk wacana nonsastra seperti berbagai teks bacaan dari media cetak, laporan, petunjuk kerja, aturan, otobiografi, biografi, grafik, matriks, bagan, diagram, denah, dan jadwal; dan bentuk wacana sastra seperti  prosa, puisi, dan drama, serta menanggapi isinya secara kritis.
a.  Menentukan unsur-unsur isi wacana.
b.  Menentukan jenis laporan.
c.  Menentukan isi petunjuk kerja.
d.  Menentukan isi riwayat hidup/biografi.
e.  Menentukan isi grafik/matriks.
f.   Menentukan tanggapan terhadap isi paragraf.
g.  Menentukan penggunaan berbagai jenis kata.
h.  Menentukan kalimat tanya yang sesuai dengan konteks.
i.   Menentukan perubahan makna kata.
j.   Menentukan ungkapan/peribahasa dalam teks.
k.  Menentukan unsur intrinsik puisi.
l.   Menentukan unsur intrinsik cerpen/novel/drama.
m.Menentukan unsur ekstrinsik novel.
2.

Menulis berbagai teks dalam konteks bermasyarakat; membuat parafrasa;
menulis jenis-jenis wacana (naratif, deskriptif, ekspositoris, argumentatif); meringkas teks; menyimpulkan isi teks; menulis proposal, surat, dan laporan.
a.  Melengkapi kalimat rumpang.
b.  Menentukan kalimat efektif.
c.  Menentukan kalimat padu.
d.  Melengkapi paragraf rumpang.
e.  Menentukan penulisan kata sesuai EYD.
f.   Menentukan jenis karangan.
g.  Menentukan pola pengembangan paragraf.
h.  Menentukan penulisan berbagai unsur proposal.
i.   Menentukan penulisan bagian-bagian surat.
j.   Menentukan penulisan jenis-jenis surat.
k.  Menentukan penulisan unsur-unsur karya ilmiah.
l.   Menentukan catatan isi rapat.
m.Menentukan bagian-bagian isi laporan.
n.  Menentukan kalimat pengumuman.
o.  Menentukan kalimat poster.


NILAI MINIMAL YANG HARUS DICAPAI SISWA PESERTA UJIAN NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2010/2011 ADALAH 5,50

Sumber: http://www.scribd.com/doc/22393526/SKL-Ujian-Nasional-SMP-SMA-SMK-2010-Permen-75-Tahun-2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Formulir Komentar. Terimakasih