Selasa, 04 Januari 2011

CARA BELAJAR EPEKTIF DI SEKOLAH

Cara Belajar Efektif di Sekolah
Oleh: Melinda Marleen
Setiap siswa pasti mendambakan dapat memperoleh nilai baik di sekolah. Nilai baik tersebut tidak diperoleh begitu saja secara cuma-cuma. Siswa harus menguasai mata pelajaran yang dipelajari sehingga mudah menjawab soal pada saat ujian mata pelajaran. Oleh karena itu, proses belajar yang efektif dapat membantu siswa memperoleh nilai baik. Cara belajar efektif di sekolah di antaranya adalah dengan melakukan beberapa tips berikut di bawah ini.
Pertama, berdoa sebelum memulai belajar di kelas. Dengan berdoa berarti kita telah memfokuskan niat dalam hati untuk belajar di sekolah sehingga saat di sekolah perilaku kita tidak menyimpang kepada hal-hal yang tidak baik atau bahkan hal negatif. Doa juga sangat bermanfaat bagi siswa karena dengan berdoa maka siswa telah menyerahkan segalanya kepada Tuhan YME dan memohon akan hasil terbaik atas segala tindakan yang dilakukannya di sekolah.
Kedua, datang tepat waktu ke sekolah. Hal ini harus dibiasakan sedini mungkin karena tidak sedikit siswa yang memiliki kebiasaan datang terlambat ke sekolah. Datang terlambat dapat berdampak kurang baik bagi siswa dan juga guru atau teman sekelas siswa. Hal ini karena ketika siswa datang terlambat maka dia sudah ketinggalan beberapa materi mata pelajaran yang sedang diterangkan guru dan juga siswa sudah mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas.
Ketiga, perhatikan guru ketika menerangkan di depan kelas. Tidak jarang kata-kata seorang guru mengandung ilmu pengetahuan tak tersurat yang sangat berguna sebagai sumber pengetahuan siswa.
Keempat, aktif pada saat proses belajar mengajar di kelas. Dalam hal ini siswa selain mendengarkan guru yang sedang menerangkan, dia juga bisa ikut aktif dalam menyampaikan pendapat atau gagasan mengenai suatu materi pelajaran. Siswa juga dapat menanyakan secara langsung kepada guru bahan pelajaran apa saja yang tidak dimengerti atau tidak diketahuinya. Dengan demikian, siswa akan memiliki ingatan lebih kuat tentang materi pelajaran dan juga melatih kemampuan berkomunikasi di depan umum.
Kelima, berteman dengan teman-teman yang memiliki semangat belajar yang tinggi. Dalam hal ini bukan berarti siswa memilih-milih teman di sekolah tetapi diharapkan mampu menganali kondisi di mana dia belajar sehingga bisa memutuskan mana yang akan membuatnya lebih maju atau lebih mundur. Dengan demikian jangan sampai siswa terbawa ke dalam pergaulan yang merugikan.
Keenam, mengumpulkan bahan mata pelajaran, baik buku catatan, buku paket, buku LKS, buku soal dan pembahasan, modul, artikel pendidikan dan lain sebagainya. Semakin lengkap sumber belajar yang dimiliki siswa maka akan semakin banyak pula ilmu yang akan diperolehnya. Hal ini akan berguna bagi siswa saat diselenggaraknnya ujian mata pelajaran karena siswa memiliki pengetahuan yang banyak tentang mata pelajarang yang diujikan.
Ketujuh, memanfaatkan jam pelajaran kosong atau waktu senggang di sekolah. Siswa dapat mengunjungi perpustakaan dan membaca berbagai jenis buku yang bermanfaat baginya. Selain itu, siswa juga dapat mengadakan diskusi yang berkaitan dengan mata pelajaran atau bahkan belajar bersama sehingga teman yang lebih pintar dapat membantu teman lain yang belum mengerti.
Kedelapan, hindari bertindak curang saat ujian, misalnya menyontek. Hal ini akan berdampak buruk bagi pola pikir siswa dan bila dilakukan secara terus-menerus, akan menjadi kebiasaan buruk yang sulit ditinggalkan. Dengan menyontek berarti siswa telah memililki rasa tidak percaya diri akan kemampuannya dan membangun sikap bergantung kepada orang lain. Selain itu, menyontek dapat menimbulkan sikap malas belajar. Oleh karena itu siswa tidak akan pernah menguasai ilmu pengetahuan yang diperlukanhnya di masa yang akan datang.
Kesembilan, menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan bugar. Kondisi tubuh yang sehat sangat sangat berpengaruh terhadap segala aktifitas yang siswa lakukan. Dengan kondisi yang sehat pula siswa akan memiliki konsentrasi yang tinggi dan semangat belajar yang besar dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah.
Selain tips belajar di atas, siswa juga dapat melakukan hal lainnya selama kegiatan tersebut memperlancar proses belajarnya di sekolah. Semoga cara belajar efektif di atas dapat membantu siswa dalam menghadapi kegiatan belajar mengajar di sekolah dengan baik.***Penulis adalah Mahasiswa FPEB UPI Bandung.

Didin Wahyudin (dari Sambasalim.com)

This entry was posted on Saturday, October 23rd, 2010 at 05:40 and is filed under Pendidikan. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan Isi Formulir Komentar. Terimakasih